Ilham Guntara Survei Ekoregion Keliling Jawa Timur Bagian Barat-Selatan - Guntara.com

Wednesday, 11 November 2015

Ilham Guntara Survei Ekoregion Keliling Jawa Timur Bagian Barat-Selatan

Yogyakarta (11/11) - Sebuah konsultan dalam pekerjaan yang dinaungi oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa mengontak Ilham Guntara (21 tahun) dan beberapa rekannya untuk melakukan survei jasa penyedia pangan di Pulau Jawa. Ilham Guntara mendapat lokasi survei di Jawa Timur bagian barat-selatan. Ada sepuluh titik yang harus disurvei langsung di tempat dan setiap titik tersebut mewakili tingkatan kelas jasa penyedia pangan dalam ekoregion jawa yang telah disusun sebelumnya.
Ilham Guntara Saat Survei Salah Satu Waduk di Kabupaten Madiun www.guntara.com
Ilham Guntara Saat Survei Salah Satu Waduk di Kabupaten Madiun
Variabel utama yang disurvei adalah ekoregion atau bentuklahan dan landcover atau penutup lahan untuk divalidasi antara hasil interpretasi dengan kenyataan di lapangan. Adapula variabel lain yang merupakan variabel turunan dari jasa penyedia pangan yaitu satuan ekoregion, jenis irigasi, masa panen, jumlah panen, dan jenis komoditi. Setiap titik disurvei dengan merekam koordinat menggunakan GPS, mengambil gambar menggunakan kamera, dan melakukan pencatatan dari hasil observasi maupun wawancara untuk mendapat data-data dari variabel yang dicari tersebut.
Ilham Guntara Survei Waduk Wonorejo Tulungagung www.guntara.com
Ilham Guntara Survei Waduk Wonorejo Tulungagung
Survei berlangsung selama dua hari dengan berkeliling menuju titik-titik yang telah ditentukan sebelumnya. Rute perjalanan diawali dari Kabupaten Ngawi, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Ponorogo, dan berakhir di Kabupaten Magetan. Survei berjalan lancar dan tidak ada kesulitan yang cukup menghalangi, hanya terkendala cuaca yang sempat hujan dan lalu lintas yang terkadang macet.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!