Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Topografi di Objek Wisata Goa Jatijajar - Guntara.com

Sunday, 7 August 2016

Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Topografi di Objek Wisata Goa Jatijajar

Kebumen (7/8) - Ilham Guntara (22 tahun) beserta satu rekannya mendapat panggilan mendadak untuk melakukan pengukuran topografi di Objek Wisata Goa Jatijajar, Kabupaten Kebumen. Pengukuran berlangsung pada akhir pekan minggu pertama bulan Agustus ini. Ada dua lokasi yang diukur topografinya yaitu lokasi lahan parkir dan lokasi sungai arus.
Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Topografi di Objek Wisata Goa Jatijajar www.guntara.com
Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Topografi di Objek Wisata Goa Jatijajar
Pengukuran dilakukan dengan maksud untuk mengetahui berbedaan tinggi pada titik-titik tertentu di lokasi untuk kemudian disesuaikan dengan DED rancangan pembangunan. Pengukuran berlangsung cepat dan lancar karena wilayahnya tidak luas (kurang dari 5 hektar) dan penghilatan tidak terhalang banyak objek (relatif terbuka). Pengukuran menggunakan alat ukur Total Station merk Nikkon dengan metode poligon terbuka lepas.

Seharusnya pengukuran ini dilangsungkan sebelum kegiatan pengerjaan pembangunan dimulai sehingga bisa optimal. Namun ini pengukuran dilakukan di tengah-tengah pengerjaan pembangunan. Menurut konsultan yang menaungi kegiatan ini, mereka pernah mengutus surveyor sebelum pengerjaan pembangunan berlangsung tetapi hasilnya berantakan dan kurang relevan sehingga mereka mencari surveyor lagi ketika kegiatan sudah berlangsung.
Ilham Guntara Pemetaan Topografi di Goa Jatijajar www.guntara.com
Ilham Guntara Pemetaan Topografi di Goa Jatijajar
Data hasil pengukuran kemudian dikerjakan secara cepat oleh Ilham karena harus segera dipakai untuk panduan dalam kegiatan pengerjaan pembangunan tersebut. Risiko yang didapat yaitu pengerjaan pembangunan akan mengalami lebih banyak perubahan karena pengukuran topografi dilakukan pada tengah-tengah kegiatan pembangunan berlangsung. 

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!