Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Detail dan Topografi di Waduk Simo Grobogan

12:19:00
Grobogan (15/8) - Akhirnya Ilham Guntara (22 tahun) beserta dua rekannya telah selesai melakukan pemetaan detail dan topografi di Waduk Simo, Kabupaten Grobogan. Pengukuran dilangsungkan dalam dua termin, termin pertama berlangsung pada minggu keempat bulan Juli lalu dan termin kedua berlangsung pada minggu kedua bulan Agustus ini. 
Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Detail di Waduk Simo Grobogan www.guntara.com
Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Detail di Waduk Simo Grobogan
Pemetaan tersebut untuk menghitung sedimentasi yang terjadi di Waduk Simo dalam rangka pengelolaan waduk tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh salah satu konsultan yang merekrut Ilham dan kawan-kawan untuk pengerjaan pengukuran ini dan dinaungi langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Dit. Jend. Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana, Jawa Tengah.

Pengukuran yang dilakukan meliputi pemetaan detail situasi sekitar waduk seperti jalan, bangunan, dan objek-objek penting lainnya. Pengukuran detail situasi dilakukan seperti biasa dengan kerangka poligon terbuka menggunakan Total Station. Pengukuran selanjutnya meliputi pengukuran topografi kedalaman waduk. Pengukuran topografi waduk menggunakaan teknik yang berbeda dari biasanya dan cukup sulit.
Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Topografi di Waduk Simo Grobogan www.guntara.com
Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Topografi di Waduk Simo Grobogan
Pengukuran topografi waduk berarti topografi yang ada di dalam air harus dipetakan. Pengukuran dilakukan dengan cara surveyor membawa prisma yang telah diberi bambu sebagai perpanjangan tinggi alat kemudian naik kapal bambu untuk mengelilingi waduk dan mendirikan alat secara berpindah-pindah ke dalam air hingga menyentuh dasar waduk. Surveyor satunya berada di tepi waduk membidik prisma tersebut menggunakan alat. Alat ukur tanah yang digunakan pada kegiatan ini adalah Total Station merk Sokkia.

Data hasil pengukuran kemudian diproses sedemikian rupa menggunakan software SIG. Hasil akhir berupa peta detail situasi Waduk Simo dan peta kontur topografi Waduk Simo. Hasil peta tersebut kemudian diserahkan ke bagian lain untuk dikerjakan lebih lanjut.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon