Ilham Guntara Presentasikan Jurnal Penelitian pada Seminar Nasional Inderaja LAPAN 2016

12:26:00
Depok (27/7) - Ilham Guntara (22 tahun) mendapat kesempatan mempresentasikan secara oral jurnal penelitannya pada seminar inderaja LAPAN 2016. Presentasi dilaksanakan pada pagi hari ini Rabu, 27 Juli 2016 di The Margo Hotel, Kota Depok, Jawa Barat. Ilham Guntara mempresentasikan jurnal penelitian dengan judul, "Pemanfaatan Citra Landsat 8 untuk Mengestimasi Suhu Permukaan Lahan (Land Surface Temperature) Menggunakan Split Window Algorithm (Studi Kasus: Kabupaten Bantul)."
Ilham Guntara Presentasi Oral pada Seminar Nasional Inderaja LAPAN 2016 www.guntara.com
Ilham Guntara Presentasi Oral pada Seminar Nasional Inderaja LAPAN 2016
Seminar nasional inderaja (penginderaan jauh) tersebut merupakan agenda tahunan dari Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Tema yang diangkat pada tahun 2016 ini adalah, "Penguatan Kemandirian IPTEK dan Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pengelolaan sumberdaya Alam, Lingkungan, dan Mitigasi Bencana." Ada puluhan peneliti se-Indonesia dengan jurnalnya yang lolos pada seminar ini dan dipresentasikan secara oral (lisan) atau poster (tulisan).
Ilham Guntara di The Margo Hotel, Kota Depok www.guntara.com
Ilham Guntara di The Margo Hotel, Kota Depok
Sebelumnya Ilham cukup terkejut dengan pengumuman bahwa ia dinyatakan lolos untuk presentasi oral (lisan) pada seminar tersebut. Dia sebenarnya kurang yakin jurnal penelitiannya akan lolos atau tidak karena dia menyusunnya dengan sangat sederhana dan apa adanya. Jurnal penelitian tersebut diturunkan dari penelitian tugas akhir Ilham yang dilakukannya pada saat masih kuliah di D3 PJSIG UGM pada awal tahun 2015 lalu.
Ilham Guntara bersama Ilmuwan LAPAN dan Peneliti Lainnya www.guntara.com
Ilham Guntara bersama Ilmuwan LAPAN dan Peneliti Lainnya
Ilham pun merasa bersyukur dan bahagia memperoleh kesempatan langka tersebut. Ilham mempresentasikan jurnal penelitiannya dengan cukup lancar di depan moderator yang merupakan ilmuwan dari LAPAN dan audien sesama peneliti. Moderator tersebut cukup mengapresiasi hasil penelitian Ilham dan berharap bisa dilanjutkan untuk dikembangkan lebih lanjut. Selain jurnal penelitiannya dipresentasikan secara oral, jurnal tersebut juga diterbitkan (dipublikasikan resmi secara nasional) sebagai prosiding seminar nasional inderaja LAPAN tahun 2016. Semoga dengan pengalaman pada acara ini membuat Ilham semakin giat dan sukses dalam berkarya untuk berguna bagi nusantara, aamiin.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon