Ilham Guntara Bantu Dosen UGM Raih Gelar Doktor - Guntara.com

Tuesday, 16 February 2016

Ilham Guntara Bantu Dosen UGM Raih Gelar Doktor

Yogyakarta (26/02) - Alhamdulillah akhirnya bapak Retnadi Her Jatmiko resmi menyandang gelar doktor setelah sukses melalui ujian terbuka profesi doktor di Auditorium Merapi, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sidang terbuka berjalan sukses dan lancar berlangsung dari jam 09.00-11.00 pada hari Selasa, 16 Februari 2016. Beliau dapat mempresentasikan hasil penelitian disertasinya di hadapan hadirin serta menjawab berbagai pertanyaan dari para profesor penguji dengan baik dan memuaskan.
Ilham Guntara bersama Dr. Retnadi Heru Jatmiko, M.Sc. www.guntara.com
Ilham Guntara bersama Dr. Retnadi Heru Jatmiko, M.Sc.
Dr. Retnadi Heru Jatmiko, M.Sc. mengambil judul, "PENGGUNAAN CITRA SALURAN INFRAMERAH TERMAL UNTUK STUDI PERUBAHAN LIPUTAN LAHAN DAN SUHU SEBAGAI INDIKATOR PERUBAHAN IKLIM PERKOTAAN DI YOGYAKARTA," pada disertasinya. Beliau prihatan terhadap perubahan iklim perkotaan di Yogyakarta yang dipengaruhi oleh perubahan liputan lahan dan suhu permukaan lahan. Hasil penelitian tersebut menuai banyak pujian dari para profesor penguji, salah satunya adalah ketua tim promotor penguji, Prof. Hartono, DESS., DEA., yang menuturkan bahwa penelitian tersebut sangat unik, jarang diambil temanya di Indonesia, dan bukti-bukti yang disampaikan dapat diterima secara ilmiah.

Keberhasilan bapak Retnadi yang merupakan Dosen Fakultas Geografi UGM dan juga Sekretaris Program Studi Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (D3 PJSIG) UGM tidak lepas dari doa, dukungan, serta bantuan orang-orang di sekitarnya. Salah satunya dari tim asisten yang membantu penyusunan laporan disertasi selama ini. 

Tim asisten telah bekerja sepanjang tahun 2015 untuk membantu penyusunan laporan disertasi bapak Retnadi yang mencapai 200an halaman. Tim asisten pun bekerja melakukan layouting pada peta-peta hasil penelitian. Salah satu mahasiswa yang ada pada tim tersebut adalah Ilham Guntara (21 tahun). Ilham Guntara merasa sangat bangga bisa membantu penyusunan laporan disertasi bapak Retnadi. 

Saat ditemui selepas acara sidang terbuka, Ilham Guntara menuturkan, "Selamat dan sukses kepada bapak Retnadi atas gelar doktornya. Alhamdulillah saya sangat bangga terlebih bisa membantu bapak sekaliber dosen UGM untuk meraih gelar doktor. Terima kasih atas ilmu bapak, selama ini bapak juga telah menjadi guru bagi saya, menjadi Dosen Pembimbing Akademik saya, menjadi Dosen Pembimbing Kerja Praktik saya, dan sekaligus menjadi Dosen Pembimbing Tugas Akhir saya. Luar bisa, semoga terus meraih kesuksesan ke depan, aamiin." 

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!