Ilham Guntara Bantu Dosen UGM Menyusun Peta Karakteristik Ekoregion Jawa - Guntara.com

Sunday, 13 December 2015

Ilham Guntara Bantu Dosen UGM Menyusun Peta Karakteristik Ekoregion Jawa

Yogyakarta (13/12) - Tenggang waktu pekerjaan yang semakin menipis membuat salah satu dosen UGM bergelar doktor memanggil Ilham Guntara (21 tahun) dan dua rekannya untuk membantu pekerjaannya tersebut. Pekerjaan tersebut berupa penyusunan peta karakteristik ekoregion Pulau Jawa. Pekerjaan tersebut bisa dibilang tidak membutuhkan banyak tenaga seperti sebelumnya karena dikerjakan di dalam ruangan bukan survei di lapangan.
Hasil Layout Salah Satu Peta Karakteristik Ekoregion Jawa www.guntara.com
Hasil Layout Salah Satu Peta Karakteristik Ekoregion Jawa
Pekerjaan tersebut membutuhkan pemahaman teori yang kuat terhadap ilmu penginderaan jauh dan interpretasi citra untuk geologi geomorfologi maka dosen terkait mengawasi serta membimbing secara langsung selama pengerjaan ini. Karakteristik ekoregion (bentuklahan) disusun dengan skala besar tingkat kabupaten/kota. Data-data yang dibutuhkan meliputi citra DEM SRTM, citra Landsat 8, dan peta geologi. Ketiga data tersebut dianalisis dan diinterpretasi secara mendalam kemudian dideliniasi menggunakan software SIG sehingga membentuk satuan ekoregion yang detail sesuai dengan skala yang diminta.

Hasil dari pekerjaan tersebut berupa peta A3 karakteristik ekoregion per kabupaten/kota di Pulau Jawa. Total ada 119 peta sesuai jumlah kabupaten/kota di Pulau Jawa yang diselesaikan dalam waktu tiga malam. Ternyata pekerjaan tersebut tidak semudah yang diduga sebelumnya, betapa memelahkan dan menguras energi sampai kurang tidur sepanjang malam. Namun, Ilham Guntara tetap bersyukur dan bahagia atas pengalaman berharga yang didapat dari peristiwa tersebut. 

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!