Ilham Guntara Bantu Dosen UGM Memetakan IKM di Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo

11:39:00
Yogyakarta (15/10) - Dosen UGM kembali mempercayai Ilham Guntara (21 tahun) dan dua rekannya untuk membantu hibah penelitian dosen Sekolah Vokasi UGM dalam rangka pemetaan IKM (industri kecil menengah) di Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Pemetaan kali ini cukup sederhana tidak perlu menggunakan alat ukur seperti Theodolite, Waterpass, atau Total Station tetapi cukup menggunakan perangkat GPS. GPS yang digunakan pun GPS yang sudah tertanam pada Smartphone. Smartphone masa kini kebanyakan sudah dilengkapi dengan fasilitas GPS yang cukup akurat.
Hasil Layout Peta IKM di Kecamatan Sentolo Tahun 2015 www.guntara.com
Hasil Layout Peta IKM di Kecamatan Sentolo Tahun 2015
Pemetaan berlangsung cukup singkat hanya berlangsung sekitar tiga hari. Ilham bersama Tim diminta mengelilingi seluruh Kecamatan Sentolo kemudian mendata IKM yang ada. IKM dapat berupa kerajinan, industri tas, industri camilan, industri kue, industri makanan, dan sejenisnya. Pendataan meliputi: perekaman lokasi titik IKM dengan GPS, pengambilan foto lokasi titik IKM, dan pencatatan data kelengkapan yang bisa dilakukan secara observasi maupun wawancara.

Hasil survei tersebut kemudian diolah menggunakan software SIG (sistem informasi geografis) untuk menyusun peta persebaran IKM di Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Pengerjaan tidak lantas selesai pada pembuatan peta tetapi juga diminta membuat buku profil IKM di Kecamatan Sentolo yang akan diberikan sebagai laporan kepada pemerintah daerah dan dinas terkait di Kabupaten Kulon Progo. Pembuatan buku profil IKM tentunya membutuhkan kemampuan mumpuni dalam bidang desain grafis, dalam hal ini Ilham Guntara juga dipercaya mengerjakan buku tersebut dengan software desain grafis vektor CorelDraw dan kedua rekannya memberi bantuan berupa materi-materi yang akan dimasukkan ke dalam buku tersebut.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon