Ilham Guntara Jadi Instruktur Pelatihan Pemanfaatan PJ, SIG, & GNSS di SMKN 2 Pengasih - Guntara.com

Thursday, 3 September 2015

Ilham Guntara Jadi Instruktur Pelatihan Pemanfaatan PJ, SIG, & GNSS di SMKN 2 Pengasih

Yogyakarta (03/09) - Ilham Guntara (21 tahun) bersama tiga rekannya terpilih sebagai instruktur untuk mendampingi dosen D3 PJSIG UGM dalam kegiatan pelatihan pemanfaatan data PJ, SIG, dan GNSS untuk Guru di SMK 2 Pengasih. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program hibah penelitian dosen, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kegiatan tersebut diselenggarakan di SMKN 2 Pengasih, Kulon Progo, pada tanggal 25 Agustus - 3 September 2015 dan ditujukan kepada guru-guru jurusan teknik konstruksi bangunan.
Pelatihan Pemanfaatan PJ, SIG, & GNSS di SMKN 2 Pengasih www.guntara.com
Pelatihan Pemanfaatan PJ, SIG, & GNSS di SMKN 2 Pengasih
PJ (penginderaan jauh), SIG (sistem informasi geografis), dan GNSS (global navigation satellite sysem) termasuk 3 bidang ilmu yang dipelajari dalam geografi khususnya di program studi D3 PJSIG UGM. Pemanfaatan dari ketiga ilmu tersebut dapat berguna untuk benyak hal termasuk dapat diterapkan di dunia SMK, tentunya untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas siswa. Oleh karena itu, program ini ditujukan kepada guru agar kemudian dapat disampaikan dan diterapkan ke siswa.
Pengenalan Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra www.guntara.com
Pengenalan Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra
Pengenalan Theodolite sebagai Alat Ukur Tanah www.guntara.com
Pengenalan Theodolite sebagai Alat Ukur Tanah
Ada 13 materi yang disampaikan selama pelatihan ini oleh 4 dosen UGM yaitu Like Indrawati, S.Si., M.Sc., Karen Slamet Hardjo, S.Si., M.Sc., Dr. Taufik Hery Purwanto, S.Si., M.Si., dan Ari Cahyono, S.Si. Materi berupa teori maupun praktek dengan durasi total 32 jam. Materi tersebut antara lain: pengenalan data PJ dan interpretasi citra, pengenalan SIG dan digitasi peta, pengenalan GNSS dan pengaplikasian GNSS untuk pemetaan, dan pemetaan partisipatif. 
Pengenalan SIG dan Latihan Digitasi Peta www.guntara.com
Pengenalan SIG dan Latihan Digitasi Peta
Pemetaan Partisipatif Lingkungan SMKN 2 Pengasih www.guntara.com
Pemetaan Partisipatif Lingkungan SMKN 2 Pengasih
Guru-guru SMKN 2 Pengasih sangat antusias dalam menyambut pelatihan ini karena materi yang disampaikan tergolong baru (belum pernah disampaikan sebelumnya), menarik, dan aplikatif. Guru-guru dapat praktik secara langsung dipandu oleh dosen dan didampingi oleh keempat instruktur termasuk Ilham Guntara. Jumlah peserta dari guru sekitar 20 orang. Hasil yang diharapkan agar guru-guru terbuka wawasan mengenai ilmu geografi yang semakin hari semakin mumpuni dan membawa banyak manfaat sehingga nanti dapat ditularkan dan diaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat selama pelatihan kepada siswa didik.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!