Ilham Guntara Lakukan Pemetaan Detail dan Topografi di Desa Wisata Ngipiksari

16:23:00
Yogyakarta (27/08) - Ilham Guntara (21 tahun) untuk pertama kali mendapatkan kepercayaan dalam pemetaan detail dan topografi di desa wisata Ngipiksari, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Kepercayaan tersebut diberikan oleh salah satu dosen Fakultas Geografi UGM yang menjabat sebagai ahli dalam pekerjaan sebuah konsultan di bawah pengawasan Bappeda DIY. Menurut dosen tersebut, beliau sangat percaya dengan kemampuan lulusan D3 PJSIG UGM dalam melakukan pemetaan suatu area dengan menggunakan alat ukur. Beliau meminta Ilham membuat tim sejumlah 6 orang yang semua merupakan mahasiswa lulusan D3 PJSIG UGM.
Pengukuran Detail Situasi dan Topografi Menggunakan Total Station Topcon www.guntara.com
Pengukuran Detail Situasi dan Topografi Menggunakan Total Station Topcon
Area yang dipetakan adalah balai benih Ngipiksari dengan total luas 9 hektar. Data yang diambil berupa pemetaan detail situasi meliputi penggunaan lahan, keberadaan bangunan, kebun-kebun, dan tutupan lahan lainnya. Data kedua yang diambil adalah data topografi berupa data ketinggian pada area pengukuran. Alat yang digunakan dalam pengukuran ini adalah GPS Geodetik dan Total Station. GPS Geodetik digunakan untuk membuat ground point control (GCP) sebagai titik ikat acuan dalam pemetaan. Total Station digunakan untuk melakukan pemetaan detail situasi dan topografi. Kedua alat tersebut termasuk peralatan canggih dalam jagad survei dan pengukuran karena hasil pengukuran sudah dihitung oleh alat dan serba otomatis.
Pengaturan Alat Total Station Nikkon untuk Pengukuran www.guntara.com
Pengaturan Alat Total Station Nikkon untuk Pengukuran
Pengukuran berlangsung dua tahap. Tahap pertama berlangsung selama 5 hari pada tanggal 14-17 Agustus 2015. Kemudian dilakukan pengolahan data sementara pada pengukuran tahap pertama dan dilakukan evaluasi untuk menuju tahap kedua. Tahap kedua berlangsung selama 5 hari pada tanggal 23-27 Agustus 2015. Hasil pengukuran kemudian diolah sedemikan rupa dengan perpaduan ilmu penginderaan jauh dan sistem informasi geografis yang selama ini telah diperoleh selepas lulus dari D3 PJSIG UGM. Hasil pengukuran tersebut akan digunakan sebagai bahan pembuatan DED untuk perencanaan pengembangan kawasan desa wisata Ngipiksari.
Pengukuran Detail Situasi dan Topografi Menggunakan Total Station Nikkon www.guntara.com
Pengukuran Detail Situasi dan Topografi Menggunakan Total Station Nikkon
Kegiatan ini menjadi pengalaman pertama Ilham melakukan survei dan pengukuran di luar kegiatan akademik kampus. Berdasarkan kegiatan dan pengalaman tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hampir semua pekerjaan pembangunan membutuhkan data-data dasar seperti peta detail situasi dan peta topografi. Tanpa kedua data tersebut maka pekerjaan tidak dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya sehingga kegiatan tersebut merupakan pekerjaan awal yang wajib dilakukan. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi mahasiswa D3 PJSIG UGM untuk mengerjakannya mengingat selama perkuliahan sudah diajari lengkap mengenai survei dan pengukuran lapangan serta ditunjang dengan alat-alat ukur yang sangat mumpuni dan memadai.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon