Ilham Guntara Jadi Asisten Dua Praktikum di Semester Genap 2014/2015 D3 PJSIG UGM

16:22:00
Yogyakarta (01/03) - Kabar gembira untuk mahasiswa D3 PJSIG UGM semester 2 dan semester 4 tahun ajaran 2014/2015 bahwa Ilham Guntara (20 tahun) terpilih menjadi asisten praktikum yang akan mengampu dua mata kuliah praktikum. Dua praktikum yang akan diampu Ilham yaitu Penginderaan Jauh Nonfotografi untuk semester 2 dan Pemanfaatan Perangkat Lunak untuk semester 4. Ilham akan berpasangan dengan rekan yang berbeda pada dua praktikum tersebut.
Ilham Guntara Jadi Asisten Praktikum Semester Genap 2014/2015 D3 PJSIG UGM www.guntara.com
Ilham Guntara Jadi Asisten Praktikum Semester Genap 2014/2015 D3 PJSIG UGM
Praktikum Penginderaan Jauh Nonfotografi mempelajari pengenalan dan penggunaan berbagai citra satelit penginderaan jauh. Beberapa hal yang dipelajari seperti resolusi spasial, spektral, radiometrik, dan temporal. Karakteristik dari setiap citra satelit penginderaan jauh juga dipelajari. Sebagian besar acara praktikum berlangsung di laboratorium tetapi ada satu acara praktikum lapangan di akhir untuk memvalidasi hasil interpretasi yang dilakukan di laboratorium.

Praktikum Pemanfaatan Perangkat Lunak mempelajari berbagai perangkat lunak (software) yang digunakan dalam pekerjaan PJ dan SIG. Berbagai software untuk mengeolah citra dan data penginderaan jauh dipelajari pada praktikum tersebut. Software pengolah sistem informasi geografis (SIG) juga dipelajari. Setiap acara praktikum akan mempelajari satu software baru sehingga bisa mencapai belasan software yang akan dipelajari pada praktikum tersebut.

Kegiatan praktikum berlangsung kurang lebih selama tiga bulan dari bulan Maret-Juni. Hal tersebut cukup untuk mengisi  waktu Ilham di sela-sela mengerjakan tugas akhir sebagai syarat memenuhi kelulusannya. Ilham menargetkan bahwa laporan penelitian tugas akhir (TA)-nya harus selesai sebelum kegiatan praktikum dimulai. Ia sedang mengejar penyelesaian laporan tersebut hingga saat ini, berhubung dosen pembimbing juga baik dan mudah ditemui. Kalau terkejar sidang pendadaran maksimal bulan April 2015, Ilham berencana untuk mengambil wisuda pada periode Mei 2015.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon