Dirgahayu 65 Tahun UGM, Insyallah Kuliah Terakhir Ilham Guntara di Prodi Ini - Guntara.com

Friday, 19 December 2014

Dirgahayu 65 Tahun UGM, Insyallah Kuliah Terakhir Ilham Guntara di Prodi Ini

Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional, pengemban utama dalam pengembagan nilai-nilai Pancasila secara nasional serta merupakan Universitas Pembina di Indonesia. Universitas Gadjah Mada yang pada saat awal didirikan hanya memiliki 6 (enam) fakultas dan dengan seiring berjalannya waktu, saat ini Universitas Gadjah Mada telah memiliki 18 (delapan belas) fakultas, satu sekolah pascasarjana (S2 dan S3), satu Sekolah Vokasi, lebih kurang 200 (dua ratus) program studi dan 25 (dua puluh lima) Pusat Studi. (www.dies.ugm.ac.id).
Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
Lima semester saya lalui di UGM bersama program studi (prodi) D3 Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (PJSIG), Sekolah Vokasi, terasa amat cepat. Waktu 2,5 tahun teramat cepat berlalu, seperti baru hari kemarin menginjakkan kaki di kampus biru, besok semester depan sudah diperkenankan untuk angkat kaki dari kampus biru ini. Sebelum saya berbicara panjang lebar, pertama saya mengucapkan Dirgahayu ke-65 tahun Universitas Gadjah Mada yang tepat jatuh pada hari ini Jumat, 19 Desember 2014. 

Insyaallah ulang tahun UGM tahun ini tambah berkah karena jatuh pada hari Jumat. Semoga UGM semakin jaya dan semakin sukses serta sesuai dengan tema Dies Natalis ke-65 dan Lustrum ke-13 UGM yaitu "Universitas Gadjah Mada, UGM Mengabdi, Indonesia Memimpin!" Saya sebagai anak kampung yang berasal dari desa antah berantah di Kabupaten Bantul merasa bangga dapat menyenyam pendidikan di UGM. Tidak hanya saya yang bangga, tetapi juga orang tua, kerabat, kawan-kawan dekat, dan masyarakat di sekitar saya.

Menjadi mahasiswa UGM merupakan berkah sekaligus tanggung jawab besar. Masyarakat sekitar sini telah menganggap bahwa anak yang bisa kuliah di UGM merupakan anak yang cerdas, anak yang mampu, dan anak yang bisa diharapkan membawa kampungnya menuju arah yang lebih baik dengan segala pemikiran dan aksinya. Secara logika, UGM merupakan perguruan tinggi negeri yang mana sebagian besar anggarannya dibiayai oleh negara dan salah satunya disubsikan kepada mahasiswa-mahasiswanya. Salah satu sumber pendapatan negara berasal dari rakyat baik rakyat golongan kaya maupun rakyat golongan belum kaya. Oleh karena itu, saat kita kuliah di UGM berarti kita memiliki tanggungan untuk ikut membela dan menyejahterakan rakyat. Sudah sepantasnya mahasiswa UGM berperan aktif di masyarakat menyumbangkan pemikiran cerdasnya dan menunjukkan aksi nyatanya.

Hari ini Jumat, 19 Desember 2014 bertepatan dengan hari terakhir saya kuliah di semester 5 ini. Insyaallah ini juga hari terakhir saya kuliah di prodi D3 PJSIG karena pada semester 6 depan insyaallah tinggal magang dan menulis tugas akhir lalu insyaallah lulus. Saya sangat bersyukur bisa kuliah di sini, terima kasih sangat besar saya tujukan kepada kedua orang tua saya terutama ibu saya. Saya sadar bahwa setiap langkah yang saya lakukan di UGM merupakan keringat orang tua saya. Walaupun ini kuliah terakhir saya di prodi D3 PJSIG tetapi bukan kuliah terakhir saya di UGM karena saya masih mempunyai harapan untuk kuliah lagi di UGM di jenjang yang lebih tinggi yaitu S2 / S3 atau bahkan suatu saat nanti saya yang memberi kuliah di UGM.

Saya akan berikan yang terbaik untuk mengakhiri semester 5 ini demi Ibu. Alhamdulillah minggu-minggu ini responsi berjalan lancar dan semoga mendapat hasil terbaik. Insyaallah minggu depannya lagi UAS (Ujian Akhir Semester) dan semoga mendapat hasil yang terbaik pula. Saya tertekad memberikan hasil pencapaian yang paling baik di semester 5 ini dibandingkan dengan 4 semester yang lalu dan saya persembahkan spesial pencapaian tersebut untuk keluarga saya khususnya Ibu saya. Puji syukur kepada Allah, berkat Ibu saya bisa lahir di dunia, melihat dunia, menikmati dunia, dan menggapai akhirat bersama Ibu. Jihad ibu saat melahirkan tidak akan saya sia-siakan. Ibu, nantikan putramu menjadi yang terbaik untukmu. Doakan saya, Ibu! 

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!