Hampir Semua Karya Jurnalistik Ilham Guntara Dipublikasikan di Internet

04:46:00
Ilham Guntara (20 tahun) merupakan sosok pemuda dari salah satu desa di Kabupaten Bantul yang mencoba terjun ke dunia maya (internet) melalui berbagai karyanya yang sederhana. Salah satu jenis karyanya adalah karya jurnalistik. Saya, Ilham Guntara akan menceritakan sedikit kisah tentang karya jurnalistik saya yang telah dipublikasikan di internet.
Karya Jurnalistik Ilham Guntara di Internet
Karya Jurnalistik Ilham Guntara di Internet
Hampir semua karya jurnalistik saya publikasikan melalui media elektronik online berupa website dan media sosial lainnya. Sebagian besar karya tersebut dimuat dalam website pribadi saya. Namun karya-karya tersebut tetap bisa dikonsumsi oleh publik secara umum serta saya publikasikan melalui jejaring sosial agar semakin banyak pembaca dan pengunjung yang menyimak karya-karya tersebut. Berikut beberapa media yang digunakan sebagai media penyambung tulisan saya kepada khalayak umum:

1. Website “Catatan Si iGun” (www.guntara.com)
Website pribadi yang saya rintis sejak tahun 2009 tersebut memuat berbagai karya jurnalistik bertemakan Komputer, Unik, Pengetahuan, Internet, Hiburan, Sosial, Budaya, Kampus, Islam, Teknologi, dan Geografi. Sebagian besar artikel tersebut merupakan karya asli jurnalistik saya dan sebagian kecil lainnya merupakan karya saduran yang disertai sumber penulisannya. Total sampai saat ini sudah ada 568 buah artikel dan akan terus bertambah sewaktu-waktu karena website tersebut di-update secara rutin.

Pengunjung website “Catatan Si iGun” yang saya gunakan sebagai sarana penyalur hobi jurnalistik tersebut tergolong banyak dan ramai. Rata-rata sebulan 30.000 halaman dikunjungi di website “Catatan Si iGun” atau rata-rata harian sejumlah 1.000 halaman dikunjungi oleh pembaca. Jumlah yang tergolong besar dan menandakan baiknya kualitas dari karya-karya jurnalistik yang termuat tersebut. Selain memuat karya jurnalistik berupa berita atau informasi, pada website tersebut saya juga mempublikasikan karya-karya bersifat ilmiah yang merupakan artikel-artikel tentang ilmu pengetahuan dan materi-materi selama perkuliahan.

2. Website BEM Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (http://bem.geo.ugm.ac.id)
Website tersebut merupakan halaman resmi BEM Fakultas Geografi UGM. Website tersebut saya buat dan desain pada awal tahun 2014 sebagai program kerja dari Departemen Media Opini Publik (MOP) pada kabinet “Harmonis Bersatu” BEM FGE UGM 2014. Saya juga berperan sebagai penulis dan redaksi di website tersebut. Beberapa karya jurnalistik mengenai kegiatan BEM FGE UGM telah saya tulis di website tersebut. Namun, saat ini saya lebih berperan sebagai redaksi yang menelaah, mengoreksi, dan mempublikasikan karya jurnalistik teman-teman pengurus yang masuk ke website tersebut.

3. Website STARGIS (http://stargis.sv.ugm.ac.id)
Website tersebut merupakan halaman resmi HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) D3 Pengindraan Jauh dan SIG UGM (STARGIS). Website tersebut saya buat dan desain pada awal tahun 2013 sebagai program kerja dari Departemen Sosialisasi Informasi dan Komunikasi (Sinkom) pada kepengurusan STARGIS 2013. Saya juga berperan sebagai penulis dan redaksi di website tersebut. Beberapa karya jurnalistik mengenai kegiatan STARGIS telah saya tulis di website tersebut. Namun, saat ini saya lebih berperan sebagai redaksi yang menelaah, mengoreksi, dan mempublikasikan karya jurnalistik teman-teman pengurus yang masuk ke website tersebut.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon