Cara Mudah Perpanjangan SIM di SIM Corner Ramai Mall Yogyakarta

20:59:00
Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib diperpanjang 5 (lima) tahun sekali. Alhamdulillah tepat 4 Agustus 2014 lalu SIM C saya jatuh tempo dan wajib segera diperpanjang. Sebenarnya sebelum tanggal itu saya (Ilham Guntara) ingin memperpanjang karena kebetulan tanggal 4 Agustus ada acara syawalan di SMAN 1 Bantul. Namun ternyata pelayanan masih libur lebaran dari tanggal 27 Juli - 3 Agustus 2014. Jadi, terpaksa saya memperpanjang pada detik-detik terakhir sebelum jatuh tempo.
SIM Corner di Ramai Family Mall Yogyakarta
Ada tiga cara untuk memperpanjang SIM. Cara pertama adalah datang ke Polres yang bersangkutan, dipastikan cukup lama, cukup ribet, dan prosedurnya sangat teliti. Cara kedua adalah datang ke pelayanan perpanjangan SIM yang ada di pusat keramaian atau pusat perbelanjaan atau biasa disebut SIM Corner, cara ini cukup simpel, cepat, dan prosedurnya singkat. Cara ketiga adalah mendatangi mobil SIM keliling, cara ini sangat cepat dan sangat praktis tetapi harus menyesuaikan jadwal dari mobil SIM keliling tersebut.

Saya memakai cara yang kedua dan saya lakukan di Ramai Mall, Malioboro, Yogyakarta. Saya sampai lokasi pukul 08.30 dan ternyata Mall belum buka, baru buka pukul 09.00, terpaksa saya berkeliling sambil menunggu buka. Kemudian saya menuju lokasi SIM Corner, berada di lantai 2 (dua) di pojok sesuai namanya (corner) tepatnya pojok uatara-timur. Setiba di sana belum dibuka juga, petugas baru siap pukul 10.00, dan saya pun kembali menunggu. Antrean sangat banyak dan padat, saya tidak menyangka mungkin karena hari itu adalah hari pertama kerja setelah liburan lebaran jadi banyak yang menumpuk perpanjangan SIM-nya.

Ada beberapa syarat sederhana yang harus dipenuhi untuk memperpanjang SIM. Berikut syaratnya:
  1. Fotokopi SIM dua lembar
  2. Fotokopi KTP dua lembar
  3. Membawa SIM dan KTP asli
  4. Menyertakan SKD (surat keterangan dokter)
  5. Uang perpanjangan SIM (Rp 80.000) + Rp 30.000 (SKD)
Syarat yang sangat mudah dan praktis bukan? Fotokopi SIM dan KTP sebaiknya jangan dilakukan di tempat karena belum tentu di sana terdapat jasa fotokopi dan walaupun ada pasti tarifnya selangit. Jadi, sebaiknya dipersiapkan di rumah atau di jalan. SKD dapat diperoleh di Puskesmas atau dokter umum dengan tarif lebih murah (sekitar Rp 5.000) tetapi sebaiknya SKD didapatkan di tempat (tarif Rp 30.000) kalau tidak ingin berdebat dengan petugas di sana karena prosedurnya di sana seperti itu, yaitu pemeriksaan kesehatan dilakukan di tempat dan sudah disediakan dokter khusus di sana.
Ilham Guntara dalam Antrean Perpanjangan SIM yang Sangat Padat
Ilham Guntara dalam Antrean Perpanjangan SIM yang Sangat Padat
Prosedur perpanjangan SIM sangat cepat dan mudah. Sebenarnya tidak sampai 15 menit bisa mendapatkan SIM baru tetapi antrean yang panjangnya bagaikan antrean BLT membuat saya berjam-jam memproses perpanjangan SIM ini. Dari jam 10 sampai jam 14.00 baru selesai, itu sudah termasuk istirahat satu jam petugasnya (11.30 - 12.30). Berikut prosedur singkatnya:
  1. Mengambil formulir lalu mengisinya dengan singkat tidak perlu panjang-pajang, seperlunya saja dan hal-hal yang penting saja (estimasi waktu 4 menit).
  2. Segera mengumpulkan formulir beserta fotokopi SIM dan KTP ke petugas dan menunggu panggilan pemeriksaan kesehatan (estimasi waktu tidak bisa diperkirakan, sesuai banyaknya antrean).
  3. Menjalani pemeriksaan kesehatan, hanya berupa pengukuran tensi, cek buta warna, dan ditanya-tanya hal yang mudah dijawab. Menunjukkan KTP dan SIM asli, yang terpenting adalah pengukuran tensinya sedangkan cek buta warna dan pertanyaan lainnya kurang diperhatikan (estimasi waktu 2 menit).
  4. Pembayaran biaya perpanjangan SIM plus biaya pemeriksaan kesehatan (Rp 110.000) di loket (estimasi waktu 2 menit).
  5. Mengambil nomor urut antrean foto SIM dan mengumpulkan berkas-berkas tersebut (SKD, SIM asli, dan fotokopi SIM + KTP dua lembar) ke petugas (estimasi waktu 1 menit).
  6. Menunggu panggilan untuk giliran foto SIM  (estimasi waktu tidak bisa diperkirakan, sesuai banyaknya antrean).
  7. Menjalani sesi pemotretan SIM, verifikasi data-data pada SIM. Sayangnya tidak bisa mengganti data-data lain kecuali data alamat rumah yang sesuai KTP terbaru. Setalah pemotretan, menunggu SIM dicetak oleh petugas dan akhirnya SIM baru pun didapat (estimasi waktu 6 menit).
Bagaimana prosedurnya sangat mudah bukan? Pelayanan SIM Corner buka dari hari Senin - Sabtu mulai pukul 10.00 - 17.00 (atau menyesuaikan petugas), untuk SIM Corner bisa melayani semua kabupaten/kota asalkan masih dalam satu provinsi. Selain di Ramai Mall, pelayanan SIM Corner dapat pula dilakukan di Progo Mall, Plaza Ambarukmo Carefour Mall, dan Jogja City Mall (setahu saya). Pelayanan Mobil SIM keliling biasanya sudah ada jadwalnya masing-masing, silakan dicari tahu sendiri infonya, ada yang di Gembira Loka, Purawisata, Pura Pakualaman, setiap hari berbeda tempat. Silakan bila ada pertanyaan layangkan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih semoga bisa berguna. Aamiin!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon