Inilah 13 Program Unggulan RAMADHAN DI GABUSAN (RDG) 1435H / 2014 - Guntara.com

Thursday, 26 June 2014

Inilah 13 Program Unggulan RAMADHAN DI GABUSAN (RDG) 1435H / 2014

RAMADHAN DI GABUSAN (RDG) 1435H / 2014 adalah serangkaian kegiatan besar untuk mengisi Bulan Ramadhan 1435H yang diselenggarakan di Dusun Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta tepatnya berpusat di Masjid Al-Iman. RDG diprakarsai oleh AMIGA (Angkatan Muda Islam Gabusan Al-Iman) dengan dukungan penuh dari Takmir Masjid Al-Iman dan ditujukan khusus untuk seluruh warga muslim Dusun Gabusan.
RAMADHAN DI GABUSAN (RDG) 1435H / 2014
RDG 1435H menawarkan berbagai 13 program unggulan untuk mewarnai Ramadhan di Gabusan. Program-program unggulan tersebut bertujuan memfasilitasi warga muslim Gabusan dan sekitarnya untuk memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan dengan optimal. Program tersebut bisa sebagai ladang amal & ibadah, ladang infaq & shodaqoh, maupun ladang pengumpulan pahala sebanyak-banyaknya. Kita tentu tahu betapa suci dan mulianya Bulan Ramadhan. Betapa besar limpahan pahala dan rezeki yang akan diberikan di setiap amal dan ibadah kita pada Bulan Ramadhan. Adapun penjelasan singkat mengenai program-program unggulant tersebut sebagai berikut:

1. Sholat 5 Waktu Berjamaah (Setiap Hari)

Mengajak seluruh warga muslim Dusun Gabusan untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu secara berjamaah di Masjid Al-Iman. Ketahuilah masjid kita masih sepi, memprihatinkan setiap hari sulit ditemui jamaah satu shaf penuh. Sholat adalah amalan pertama yang akan dihisab di akhirat nanti. Semua umat muslim wajib menjalankan sholat 5 waktu terutama laki-laki wajib menjalankan sholat 5 waktu secara berjamaah. Terlebih di Bulan Ramadhan ini pahala akan dilipat-lipatkan, pintu surga dan pintu rezeki dibuka lebar-lebar. Marilah menjadi umat akhir zaman yang beruntung dan bertakwa.

2. Infaq & Shodaqoh Akhirat (Setiap Saat)

Infaq dan Shodaqoh adalah tabungan kita di akhirat. RDG memfasilitasi kotak-kotak infaq di masjid yang bisa diisi setiap saat untuk mendukung kegiatan dakwah di Dusun Gabusan. RDG juga memfasilitasi bagi yang ingin menyalurkan shodaqoh melalui panitia untuk disampaikan kepada saudara kita yang membutuhkan. Balasan infaq dan shodaqoh dari Allah tidak bisa dihitung secara matematis, Allah yang memiliki dunia dan akhirat, Allah bisa membalas kebaikan kita dengan semua itu. Jika ingin kaya, maka berinfaq dan bershodaqohlah.

3. Takjilan & Buka Bersama (Setiap Hari)
RDG menyediakan 125 porsi takjil untuk hari Senin-Sabtu dan 225 porsi takjil untuk hari Ahad. Terbuka bagi jamaah yang ingin menikmati takjil dan buka bersama di Masjid Al-Iman Gabusan. Hari Senin-Sabtu diutamakan takjilan dan buka bersama untuk anak-anak serta remaja sedangkan hari Ahad diutamakan takjilan dan buka bersama untuk umum (bapak/ibu/saudara warga Gabusan).

4. TPA Anak-Anak (Senin-Jumat Sore)
Sebelum anak-anak menikmati takjil dan buka bersama di Masjid, dilaksanakan terlebih dahulu kegiatan TPA bagi anak-anak di hari Senin-Jumat sore. Kegiatan TPA dimulai sekitar pukul 15.30 sore. TPA dilaksanakan di dalam ruangan. Hari Senin-Rabu TPA difokuskan mengaji Al-Quran supaya lancar makraj, tajwid, tahsin, dan hafalannya. Hari Kamis-Jumat TPA difokuskan pada ibadah, akidah, akhlak dan terkait habluminallah serta habluminannas. TPA Anak-Anak akan dibimbing langsung oleh Ustadzah yang Insyaallah berkompeten di bidangnya dan dibantu panitia RDG.

5. Outdoor Games Anak-Anak (Sabtu Sore)
Permainan di luar ruangan akan diselenggarakan setiap Sabtu Sore sebelum menikmati takjil dan buka bersama di Masjid. Permainan-permainan kecil yang seru, menyenangkan, menghibur, dan tetap mendidik ditujukan bagi anak-anak TPA. Kegiatan di luar ruangan tersebut supaya anak-anak TPA tidak bosan dengan kegiatan di dalam ruangan. Terlebih anak-anak kecil masih sangat suka untuk bermain bersama teman-temannya.

6. Kajian Khusus Ibu-Ibu (Kamis Sore)
Kajian khusus ibu-ibu bebarengan dengan TPA anak-anak tetapi ruangannya berbeda dan masih dalam kompleks Masjid Al-Iman Gabusan. Latar belakang diadakan kajian tersebut adalah ketika TPA berlangsung banyak ibu-ibu yang menunggu buah hatinya di luar. Daripada ibu-ibu tersebut menunggu di luar, sebaiknya diadakan kajian khusus ibu-ibu supaya ibu-ibu tersebut juga mendapat manfaat dan ilmu seperti buah hatinya. Kajian tersebut akan membahas tema terkait ibu dan orangtua serta adapula kajian Al-Quran. Kajian ini terbuka bagi ibu-ibu warga Gabusan dan akan dibersamai Ustadzah sedangkan di ruang lain anak-anak TPA akan didampingi oleh panitia RDG.

7. Pengajian Akbar Gabusan (Ahad Sore)
Pengajian akbar umum (bapak/ibu/saudara) untuk warga Gabusan sebelum menikmati takjil dan buka bersama di Masjid. Pengajian tersebut akan mengangkat isu-isu hangat di masyarakat terkait ibadah, akhlak, maupun akidah yang dianggap tabu untuk dapat diluruskan sebagaimana mustinya. Ada empat kali pengajian akbar untuk RDG 1435H ini yaitu tanggal 6, 13, 20, dan 27 Juli 2014 mulai pukul 15.30 sore. Pengajian akbar akan diisi oleh Ustadz-ustadz luar Gabusan yang berkompeten di bidangnya.

8. Tadarus Remaja (Ba'da Tarawih)
Setiap sehabis tarawih akan dilaksanakan tadarus remaja (AMIGA) secara bersama-sama di Masjid Al-iman. Tadarus juga bisa diisi dengan kajian khusus remaja. Remaja merupakan tunas harapan agama dan bangsa  sehingga harus terus ditempa dan dididik untuk mewujudkan remaja islam Gabusan yang beriman dan bertakwa.

9. Kuliah Tarawih & Kuliah Shubuh (Setiap Hari)

Sebelum melaksanakan sholat tarawih dan setelah melaksanakan sholat shubuh di masjid, akan dilaksanakan kuliah (kajian/ceramah). Kuliah akan diisi oleh Ustadz-ustadz yang berkompeten di bidangnya. Lebih dari 20 Ustadz baik dalam maupun luar Gabusan telah resmi bergabung untuk mengisi kuliah kajian tersebut di Masjid Al-Iman Gabusan.

10. Lomba MTQ Anak-Anak Gabusan
Lomba MTQ kecil untuk anak-anak muslim Dusun Gabusan akan dilaksanakan pada pekan-pekan terakhir Bulan Ramadhan 1435H. Lomba tersebut bertujuan untuk mengukur kualitas dan mencari bibit unggul anak-anak Gabusan dalam bidang MTQ. Lomba tersebut akan diselenggarakan oleh segenap panitia RDG 1435H bersama Ustadz/ah yang bersangkutan.

11. Penyaluran Zakat Fitrah
Segenap panitia RDG menerima penyaluran zakat fitrah dari warga muslim Dusun Gabusan di masjid. Zakat diutamakan berupa beras 2,5 kg. Zakat fitrah akan disalurkan utamanya ke warga muslim Dusun Gabusan yang membutuhkan dan bisa juga disalurkan ke luar sesuai yang membutuhkan.

12. Perayaan Takbir Keliling
Takbir keliling akan diadakan untuk merayakan kemenangan Ramadhan di malam Idul Fitri 1435H. Takbir keliling ditujukan untuk semua warga muslim Gabusan. Konsep dan teknis lebih detail takbir keliling akan disampaikan lebih lanjut di kemudian hari.

13. Sholat Idul Fitri & Halal Bihalal

Sholat Idul Fitri 1435H akan digelar di lapangan parkir Pasar Seni Gabusan dengan menghadirkan Khotib yang berkompeten di bidangnya. Selepas sholat idul fitri langsung diadakan halal bihalal antarwarga Gabusan di tempat. Pelaksanaan Sholat Idul Fitri & Halal Bihalal akan disampaikan lebih lanjut di kemudian hari.

Demikian penjelasan singkat 13 program unggulan RAMADHAN DI GABUSAN (RDG) 1435H / 2014. Besar harapan semua warga muslim Dusun Gabusan bisa ikut serta dan mendukung pelaksanaan setiap program tersebut. Mari berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mencari pahala dan amalan yang optimal di Bulan Suci Ramadhan 1435H. Ayo kita mewujudkan Dusun Gabusan "Menuju Generasi Islam Berkemajuan". Terima kasih!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!