Trafik Menurun, Catatan Si iGun Siap Dirombak

17:21:00
Pergerakkan trafik pengunjung yang kurang memuaskan dialami web Catatan Si iGun dalam kurun waktu 2-3 bulan terakhir. Bagaimana tidak, setelah dalam awal tahun 2014 mengalami peningkatan trafik pengunjung mencapai 1500an halaman tayang per hari. Kini dalam 2-3 bulan terakhir malah mengalami penurunan yang cukup drastis sekitar 70%. Jadi, akhir-akhir ini hanya sekitar 300an halaman tayang per hari untuk web Catatan Si iGun.
Trafik Menurun, Catatan Si iGun Siap Dirombak
Tren trafik pengunjung yang menurun tersebut membuat pemilik web Catatan Si iGun, Ilham Guntara (19 tahun) mulai geram dan terpaksa harus memeras otaknya lagi untuk meningkatkan trafik webnya. Modifikasi yang dilakukan Ilham pada bagian description, tag, metatag, hingga robot.txt belum berbuah manis sampai saat ini. Begitupula dengan strategi bombardir artikel yang digencarkannya di dunia maya dan ping juga dilakukan ke berbagai search engine.

Terbesit di pikiran Ilham untuk merombak tema webnya. Menurut Ilham, tema webnya terlalu ramai, kurang responsif, dan terkesan mulai basi pada era 2014 ini. Ilham berencana mengubah tema webnya dan menggantinya dengan tema web berbasis HTML5 yang kinerjanya lebih cepat dan lebih responsif. HTML5 adalah versi terbaru dari bahasa HTML untuk saat ini sehingga HTML5 pasti menyempurnakan kinerja dan fitur dari versi sebelumnya.

Tidak sekadar perubahan pada tema dasar yang beralih ke HTML5. Perombakan juga meliputi penataan ulang layout, sidebar, beserta konten-kontennya. Adapula pembaruan kategori artikel maupun pembersihan konten yang kurang bermanfaat. Kualitas artikel juga turut menjadi bahan untuk diperbaiki, di samping produktivitas pembuatan artikel. Tema tersebut diharapkan mendukung di berbagai gadget, artinya bisa diakses dengan cepat dan lancar baik di PC, Laptop, Tablet, Smartphone, atau Handphone biasa.

Proses perombakan web tersebut belum terpikirkan akan dimulai kapan pastinya. Saat ini Ilham masih cukup sibuk dengan kegiatan perkuliahannya di UGM dan aktivitas organisasi yang dia jalani. Mungkin sekitar akhir Juni 2014, Ilham mulai longgar kepadatan kuliah maupun praktikumnya di kampus. Direncakan memasuki Bulan Ramadhan 1435H besok, Insyaallah hari Sabtu, 28 Juni 2014, Ilham akan memulai mengerjakan tema baru untuk Webnya. Semoga bersamaan dengan Bulan Ramadhan 1435H akan menjadi berkah tersendiri dan akan memunculkan inovasi serta kreasi baru untuk kemajuan web Catatan Si iGun. Ilham berharap web Catatan Si iGun kembali ramai pengunjung, syukur-syukur akhir tahun 2014 ini bisa mencapai 5000an halaman tayang per hari.  Aamiin! 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
CAHYOGYA.com
AUTHOR
7 June 2014 at 18:21 delete

Salam dari kami mas CAHYOGYA.com semoga tetap berkreasi dan berbagi Informasi yang bermanfaat buat semua orang, Btw saya juga kuliah di UGM mas.. di D3 Agroindustri.. heheh

Reply
avatar

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon