Cerita Tentang Kuliah Kerja Lapangan D3 PJSIG SV UGM 2014

22:08:00
Sekitar sebulan lalu tepatnya 4-6 Februari 2014 saya, Ilham Guntara (19 tahun) menjalani KKL (Kuliah Kerja Lapangan) yang dilaksanakan oleh program studi saya, Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (PJSIG), Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada. Secara esensi KKL bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada kenyataan alam (dunia nyata) menyangkut ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan.
Salah satu lokasi KKL 2014 : Gunung Api Purba Nglanggeran
Sesuai dengan tema KKL ini yaitu pengenalan bentanglahan, maka kegiatan yang dominan saat KKL adalah penjelasan oleh Tim Dosen mengenai bentanglahan yang ada di Kabupaten Gunungkidul dan sekitarnya (lokasi KKL). Penjelasan tersebut dijelaskan secara lengkap dan detail. Walaupun menurut saya masih kurang dalam penjelasannya, mungkin karena waktu yang membatasi kegiatan ini.

Bentanglahan dapat dijelaskan oleh dua aspek inti yaitu aspek fisik-morfologi dan aspek sosial-ekonomi. Aspek fisik-morfologi menyangkut bentukan-bentukan fisik yang menyusun bentanglahan tersebut serta proses-proses pembentukan dan proses yang berlangsung pada bentanglahan tersebut. Aspek sosial-ekonomi menyangkut aktivitas manusia yang dipengaruhi adanya bentanglahan tersebut baik aktivitas sosial maupun ekonomi.

Saya tidak akan menjelaskan mengenai teori-teori bentanglahan yang ada di lokasi KKL tersebut. Saya di sini akan lebih membahas tentang esensi dari KKL ini. Banyak manfaat yang didapatkan dari KKL tersebut antara lain dapat mengenal alam (tadabur alam), mengenal ciptaan Allah yang begitu indah, adapun dapat memahami alam dengan ilmu yang saya peroleh selama perkuliahan, dan dapat pula menerapkan ilmu tersebut secara nyata di lapangan, Subhanallah, merupakan kenikmatan tersendiri dan sangat saya syukuri, Alhamdulillah.

Manusia diutus oleh Allah sebagai khalifah (pemimpin) di muka bumi. Ketika saya melihat alam saat perjalanan KKL tersebut dan mendengarkan penjelasan dari Tim Dosen, saya jadi tambah paham dan mengerti bahwa kita manusia memang bisa dan mampu untuk mengemban amanah tersebut. Ilmu-ilmu yang selama ini kita timba, saya rasa bisa diterapkan untuk menjaga amanah tersebut. Terdapat berbagai cara sesuai bidangnya masing-masing. Mari, kita bersama-sama menjaga alam ini untuk kelestarian umat. Harapan saya kegiatan tersebut bisa meningkatkan rasa syukur dan rasa iman saya kepada Allah SWT. Aamiin.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon