Tahun 2014 Menuju 6 Tahun Berkecimpung Di Dunia Blog

17:34:00
Sebenarnya momen pergantian tahun bukanlah sesuatu yang spesial untuk saya (Ilham Guntara, 19 tahun). Saya pun tidak menganggap hal tersebut sebagai hal besar. Sebagaimana kita ketahui bahwa mengagung-agungkan sesuatu di dunia ini adalah perbuatan yang merugikan. Saya ingin sedikit bercerita bahwa tahun 2014 ini adalah tahun keenam saya berkecimpung di dunia blog (web log). Walaupun belum benar-benar genap enam tahun, mungkin baru agustus mendatang genap enam tahun.
Tahun 2014 (mashable.com)
Awal mulai saya terpleset di dunia blog ini ketika saya kelas 9 SMP. SMP Negeri 1 Bantul yang mana pada waktu itu merupakan salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI - sekarang sudah dihapus oleh pemerintah) yang selalu mencanangkan muridnya untuk mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi. Begitu pula, ketika awal kelas 9 SMP sekitar bulan Juli-Agustus saya dituntut untuk memiliki sebuah blog guna memenuhi tugas mata pelajaran (mapel) TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Benar saja mapel TIK menjadi mapel yang sedang naik daun pada waktu itu, di zaman teknologi seperti ini mana ada murid yang tidak ingin mempelajarinya, semua murid pasti penasaran dengan ilmu tersebut. Begitu pula waktu itu, mungkin itu awal-awal teknologi tepatnya internet menjamur di Indonesia (2009).

Blog pertama saya memakai layanan multiply.com dan perlu diketahui bahwa secara resmi pada Mei 2013 lalu situs multiply.com telah ditutup di Indonesia. Sedih rasanya bagi saya karena saya memulai perjalanan blogging saya di sana. Masih ingat betul saat teman-temanku mengajariku untuk mengganti tema blog, gambar blog, dan sebagainya. Saya benar-benar belum lihai saat itu. Saya pun musti bolak-balik ke warnet pada saat itu karena layanan internet rumahan masih tergolong mahal pada saat itu. Saya agak lupa nama domain blog saya di multiply.com yang pasti saya masih ingat bahwa kontennya berisi foto-foto pemain sepakbola terutama klub AC Milan dimana sudah menjadi klub idola saya pada tahun 2008. Saya belum mengenal konten teks pada blog, setahu saya pada saat itu hanyalah konten-konten foto. Sebenarnya pada waktu itu saya juga ditawari teman saya untuk menggunakan blogspot atau wordpress tetapi karena menurut saya lebih simpel multiply jadi saya menggunakan multiply.

Sebuah kejadian yang masih saya ingat pada waktu itu adalah ketika pada tanggal 30 Agustus 2008 sore hari pukul 15.00 saya mengalami kecelakaan di perempatan Bakulan, Bantul, Yogyakarta. Kaki kanan saya mengalami patah tulang (tetapi pada bagian tulang yang kecil) dan hidung saya juga mengalami patah tulang. Suatu cobaan yang cukup tragis menjelang Bulan Ramadhan pada saat itu. Di sisi lain, tugas blog saya belum sepenuhnya selesai, saya baru mengisinya dengan beberapa konten dan belum final menurut saya. Ketika terbaring di Rumah Sakit saya sempatkan mengirim SMS ke guru TIK saya bahwasanya saya memohon maaf belum bisa menyelesaikan tugas blog tersebut secara utuh karena saya mengalami kecelakaan. Entah setelah itu, beliau bersikap apa karena SMS saya tidak dibalas. Akibat kecelakaan tersebut saya menepi satu bulan dari sekolah dan total menepi 3 bulan tidak bisa berjalan dengan kaki saya. Saya terima dengan ikhlas dan saya yakini kejadian tersebut pasti ada hikmahnya.

Kembali lagi ke cerita blogging saya. Setelah kejadian tersebut sepertinya saya sempat vakum beberapa bulan di dunia blog. Saya memulai kembali dunia blog saya pada awal SMA kelas 10. SMA Negeri 1 Bantul, lagi-lagi merupakan salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI - sekarang sudah dihapus oleh pemerintah) yang selalu mencanangkan muridnya untuk mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Tahun 2009 semester gasal (Juli-Desember) merupakan momen untuk saya kembali ke dunia blogging. Dimulai dengan bergabungnya saya dengan salah satu organisasi di SMA yang membidangi masalah Teknologi Informasi (TI) dan koloninya, yaitu Saba ExploIT (Satu Bantul Exploring Information Technology). Betapa hebat dan baiknya kakak kelas saya pada waktu itu yang mampu membuat saya penasaran tentang dunia website dan weblog. Mereka-mereka pun tidak segan untuk mengajarkannya kepada saya dan teman-teman saya hingga kami bisa. Saya langsung membangun tiga blog sekaligus pada waktu itu yaitu melalui blogger, wordpress, dan satunya adalah web hosting gratisan (sama saja pakai wordpress).

Saya masih ingat beberapa domain blog saya pada waktu tahun 2009 itu yaitu www.ilhamguntara.blogspot.com, www.aielizer.wordpress.com, dan www.saoskerupuk.co.cc. Saya sempat cukup dalam menekuni web hosting dan web domain gratisan pada waktu itu. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama karena sekitar bulan Februari 2010 blog saya dengan domain www.saoskerupuk.co.cc harus mengalami kerusakan pada hostingnya karena saya mengutak-atik temanya dan saya belum bisa menyembuhkannya pada waktu itu, terpaksa saya beralih kembali ke blog gratisan (langsung melirik bloggger).

Tahun 2010 saya menggunakan tiga domain secara bergantian pada blogger saya, yaitu www.saoskerupuk.co.cc, www.aielz.co.cc, dan www.saoskerupuk.tk. Nama Saos Kerupuk pada waktu itu sempat menjadi blog yang tren di kalangan teman-teman SMA 1 Bantul. Tahun 2011 saya kembali mengubah domain blog saya, kali ini menjadi www.igun.blogspot.com dengan platform Catatan Si iGun. Baik tahun 2010 dan 2011 saya mulai menekuni dengan giat kegiatan blogging saya, mulai dari menulis ide saya hingga menuliskan ulang ide yang saya dapat dari orang lain. Pada tahun-tahun tersebut saya mulai berhenti untuk memplagiat utuh konten dari luar. Sebelumnya saya sempat menggunakan metode repost utuh untuk mengisi konten artikel di blog saya. Mulai tahun itulah, saya mulai mencatumkan blog orang lain apabila saya repost atau apabila saya posting gambar dan untuk artikel-artikel saya berusaha menggunakan bahasa saya sendiri walaupun juga dikutip dari berbagai sumber.

Tahun 2012 blog "Catatan Si iGun" mulai familiar di kalangan SMAN 1 Bantul pada waktu itu. Beberapa kali saya sempat mengkritisi kebijakan sekolah dan memblow-up isu-isu global yang ada. Saya sempat berpikiran untuk mengomersialisasikan blog ini dengan menambahkan konten-konten iklan tetapi sepertinya kurang efektif dan hingga saat ini saya belum berminat lagi untuk mengomersialisasikan blog ini. Zaman-zaman SMA saya mengisi blog saya dengan konten-konten mata pelajaran dan tugas yang saya kumpulkan ke guru selain mengisinya dengan artikel-artikel umum lainnya. Selulusnya dari SMA 1 Bantul saya melanjutkan ke Prodi D3 Pengindraan Jauh dan SIG, Universitas Gadjah Mada (UGM). Di sana, saya juga terus menggiatkan kegiatan blogging saya hingga sebagian mahasiswa Fakultas Geografi mengenal saya karena blog saya yang memuat materi perkuliahan tentang Geografi.

Tahun 2013 blog "Catatan Si iGun" semakin menjamur terutama di kalangan mahasiswa Geografi. Teman sejurusan saya hampir pasti semua mengenal blog saya. Teman-teman lain jurusan dalam rumput Geografi pun banyak yang mengenalnya. Alhamdulillah, saya mensyukuri hal tersebut sebagai buah kerja keras selama ini. Teman saya secara bercanda ada yang berujar, "Kalau mencari materi kuliah pasti ketemunya blog si Igun, saya sampai bosan." Semester Gasal 2013 ini saya membuat revolusi dengan kembali mengubah domain blog saya menjadi www.guntara.com. Domain tersebut lebih profesional dan berbayar, tetapi itulah yang saya inginkan. Saya sengaja menabung untuk memodali domain tersebut. Alhamdulillah, karunia Allah selalu mendatangi hamba-Nya yang giat berusaha. Tahun 2013 ini juga menjadi tahun dengan kunjungan halaman terbanyak dalam blog saya. Setiap harinya mencapai 1.000 kunjungan di halaman blog saya, hal tersebut menurut saya luar biasa karena dalam sebulan bisa memperoleh 30.000 kunjungan halaman blog. Namun trafik pada November dan Desember lalu sempat menurun, tetapi seterusnya saya berusaha meningkatkannya. 

Satu lagi pencapaian yang munurut saya luar biasa di tahun 2013 ini pada blog "Catatan Si iGun" adalah fanspage "Catatan Si iGun" dengan alamat www.facebook.com/catatan.si.igun berhasil mencapai penggemar lebih dari 1.001 penggemar. Alhamdulillah, menurut saya itu pencapaian yang luar biasa. Semoga ke depannya baik blog dan fanspage "Catatan Si iGun" semakin lebih baik, semakin banyak pengunjungan, semakin banyak penggemarnya, dan semakin bermanfaat bagi orang lain. Satu visi saya untuk proyek "Catatan Si iGun" adalah berGUNa bagi nusanTARA. 

Sedikit saya beberkan proyek lanjutan saya untuk "Catatan Si iGun" adalah mempunyai banyak follower di Twitter (1000 followers target di tahun 2014 ini), merealiasasikan "Catatan Si iGun" The Movie, dst. Saya tidak akan pernah berhenti membuat ide-ide gila dan mimpi-mimpi gila saya karena saya percaya hal tersebut satu per satu akan menjadi nyata. Ingat, "Keyakinan adalah Kunci Kesuksesan!"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon