IPK 3.5 Lebih, Baik! Harapanku Untuk Hasil di Semester I Ini - Guntara.com

Sunday, 6 January 2013

IPK 3.5 Lebih, Baik! Harapanku Untuk Hasil di Semester I Ini

IPK 3.5 Lebih, Baik!
Esok hari (7/1/2012) adalah hari Senin. Semua orang pasti tahu. Namun, bagi saya dan beberapa teman saya besok adalah awal dari UAS (Ujian Akhir Semester). UAS akan digelar mulai Senin, 7 Januari 2012 sampai dengan Rabu, 16 Januari 2012 dimana hari Sabtu dan Ahad libur. Ini adalah UAS pertama bagi saya di masa-masa perkuliahan dan saya berharap hasil yang terbaik untuk semester I (satu) ini.

Satu semester sudah saya lewati di Jurusan Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (PJ SIG), Fakultas Sekolah Vokasi (SV), Universitas Gadjah Mada (UGM). Tidak terasa kuliah satu semeter begitu cepat. Berbagai macam perkuliahan saya jalani selama ini, baik kuliah teori maupun praktek. 60% untuk jurusan saya adalah praktek. Betapa begitu banyak menguras energi untuk praktek ini-itu, terutama ketika membuat karangan (laporan praktikum) berlembar-lembar. Menurut saya mengasyikkan saat membuat laporan berlembar-lembar ini karena dari saya pribadi suka mengarang. Entah benar atau salah saya tuangkan dalam laporan saya asal masih masuk dalam logika.

Harapan saya untuk nilai semester I ini adalah baik, setidaknya terbaik seangkatan dalam jurusan ini (amin). Nilai dalam perkuliahan direpresentasikan dalam IPK (Indeks Prestasi Komulatif) antara 0 - 4. Saya pribadi mencanangkan program, "IPK 3.5 Lebih, Baik!" Artinya mendapat IPK lebih atau sama dengan 3,5 adalah baik dan itu harapan saya (amin). IPK setinggi itu memang bukanlah hal mudah, terutama ketika saya baru semester I di perkuliahan ini, saya masih Newbie. Saya pun di jurusan ini mempelajari mata-mata kuliah baru yang hampir sebagian baru saya cerna di perkuliahan ini. Kebanyakan materi dalam jurusan ini berasal dari IPS sedangkan ketika SMA saya berasal dari IPA. Sungguh, ini benar-benar memotivasi saya untuk terus mendalaminya. Entah berapa nilai A yang harus saya dapatkan untuk meraih IPK 3,5. Itulah targetku, saya akan berusaha, dan berdoa! Entah ini hanya sekadar mimpi atau angan. Semoga Allah mengabulkannya (amin). Apabila Allah belum mengabulkannya pun saya akan berusaha menerimanya dengan lapang dada karena jalan masih panjang bagi saya, ini baru semester I, anggap saja sebagai salam perkenalan.

Ada delapan mata kuliah (makul) yang akan diujikan pada UAS semester I. Kedelapan makul tersebut merupakan makul teori sedangkan untuk makul-makul praktek diujikan secara tersendiri. Satu hari satu makul, sehingga menurut saya ini cukup enak daripada ketika SMA sehari bisa dua atau tiga mapel (mata pelajaran). Berikut urutannya perhari : Sistem Operasi Komputer; Meteorologi, Klimatologi, dan Hidromlogi; Penginderaan Jauh; Geologi, Geomorlogi, dan Ilmu Tanah; Kartografi; Matematika; Fotogramteri; dan Penggunaan Lahan dan Vegetasi. Untuk itu, saya benar-benar memohon doa dan restu dari kalian supaya UAS ini berlangsung lancar dan sukses serta semoga hasilnya bisa yang terbaik! Amin. Target ini tercapai atau belum tercapai itu hanya kuasa Allah dan saya hanya bisa berusa, berdoa, lalu menerimanya dengan ikhlas. Bismillah, semoga kita sukses kawan! Amin.

1 comment:

  1. lok aku pasrah aja bro... :D
    kunjungan sore, don't forget visit me back....

    ReplyDelete

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!