Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix - Guntara.com

Friday, 21 September 2012

Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix

Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara dkk)
Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara dkk)
Sebenarnya peristiwa ini sudah terjadi seminggu yang lalu. Namun, alangkah lebih baik jika tetap sedikit saya ceritakan supaya bisa menjadi gambaran adik-adik PJ SIG UGM tahun depan. Perkenalkan, saya Ilham Guntara (18 tahun) Jurusan D3 PJ SIG 2012 UGM untuk memulai bercerita. Bismillah.....

Oh, iya. Sebelumnya kalian pasti bertanya-tanya PJ SIG itu apa? Apakah sejenis makanan sejenis minuman ataupun lainnya. Singkat cerita PJ SIG adalah jurusan D3 (Diploma Tiga) Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis. Jurusan ini satu-satunya di Indonesia dan hanya ada di Universitas Gadjah Mada (UGM). Walaupun jurusan ini hanya D3 (mungkin kalah gengsi dengan S1) tetapi lulusan dari jurusan ini berprospek sangat baik. Dijamin setelah lulus dari jurusan ini, insyaallah langsung dapat pekerjaan. Biasanya sih kerja di perusahaan pertambangan, kelapa sawit, perkebunan, perminyakan, energi juga bisa, atau minimal PNS-lah di Bakosurtanal, Bapeda, Bapenas, BPN, dan masih banyak lagi. Amin. Namun, di sini saya membatasi hanya membahas mengenai Makrab PJ SIG 2012 angkatan saya kemarin (Jumat, 14 September 2012). Untuk masalah seluk-beluk jurusan PJ SIG, Insyaallah akan saya bahas di lain kesempatan. Terus ikuti perkembangannya saja, hehehe.

Kembali ke topik utama. Makrab atau malam keakraban PJ SIG 2012 kali ini diadakan di Laboratorium Geospasial, Pantai Depok, Bantul. Terbilang ini masih wilayah saya karena saya asli Bantul (asli cah mBantul). Penyelenggara acara ini tidak lain tidak bukan adalah kakak angkatan PJ SIG 2011 dibantu juga kakak angkatan 2010. Namanya juga malam keakraban, supaya seangkatan dan antarangkatan bisa kompak.

Hari pertama, Jumat sore, dimulai dengan acara perkenalan panitia dan juga perkenalan peserta makrab. Sebelum makrab persiapannya cukup padat, disuruh bawa barang aneh-aneh, disuruh mengerjakan beberapa tugas, dan disuruh pula merancang pentas seni. Kali ini nasibku ditunjuk sebagai ketua kelompok. Namun, alhamdulillah bisa selesai dengan baik jika dijalani dengan ikhlas. Paling kontroversial di hari pertama itu adalah disuruh membuat surat cinta untuk kakak panitia. Ada-ada saja, modus tersembunyi ini.

Hari kedua, Sabtu 15 September 2012 adalah Orlap (orientasi lapangan). Maklum anak PJ SIG diproyeksikan mampu menjadi surveyor di lapangan, tak hanya bisa kerja lewat komputer. Aku dan kelompokku serta kelompok lainnya disuruh mengelilingi rute di sekitar sana dengan membaca atau menginterpretasi citra peta dan juga peta topografi. Ya begitulah, nanti kalian pasti tahu sendiri kalau masuk jurusan ini. Jalan kaki di tengah terik matahari pagi menyusuri tepi pantai pula, muter-muter sesuai lajur peta, dan di tengah jalan dikasih tugas pula. . Namun, jujur saja asyik dan menyenangkan kok, pokoknya sensasinya berasa. Dapat ilmu juga dari para asisten yang menyertai kami. Alhamdulillah, kami menjadi kelompok pertama atau tercepat yang sampai ke Lab lagi. Acara siang hari yaitu perkenalan dengan dosen. Langsung deh, acara sore harinya kami mendapat hadiah sebagai kelompok tercepat yang menyelesaikan orlap. Maklum, mungkin karena saya orang mBantul jadi serasa mudah melewati rute tersebut, hehe.

Malam harinya, pentas seni. Dari kelompok kami menampilkan drama kartun anak, kami ambil Upin-Ipin. Kami pentaskan secara “krikk krikk” karena di tengah lapangan pasir yang gelap dan hanya diterangi api unggun jadi mungkin hanya kami dan panitia yang mendengar pentas kami, peserta yang lain sama sekali tidak mendengar. Kelompok lain ada juga yang pentas drama, malah ada pula yang boy-girlband dan cheersleader. Sudah dibagi-bagi, ada-ada saja pokoknya. Lagi-lagi memang nasib saya, saya disuruh maju ke depan membacakan surat cinta saya. Surat cinta saya memang unik, dengan tulisan tegak bersambung, dan gombalan ala penggila komputer. Surat cinta itu untuk seorang oknum mbak-mbak panitia, sebut saja “Bunga”. Sebenarnya, saya buat surat ini terpaksa, sekedar untuk formalitas saja, jangan dianggap serius. Puncaknya ditutup malam itu dengan acara pesta kembang api yang sangat meriah antarangkatan. Pokoknya seru dan meriah. Alhamdulillah.

Masih ada hari ketiga, yaitu Ahad pagi. Harusnya hari Ahad untuk liburan tapi malah ada acara ini. Tak apalah, saya jalani dengan penuh keikhlasan. Oh ya, kelompok kami bernama Landsat, nama sebuah satelit penginderaan jauh. Hari Ahad itu agendanya adalah outbond di pantai, habis-habiskan untuk hari terakhir Makrab Matrix 2012 ini. Kegiatannya pada umumnya lah, jalan ke pantai, terus melaksanakan outbond macam-macam, tidak bisa saya sebutkan satu per satu karena menyenangkan. Takut kalian nanti malah kepengen. Lalu kembali lagi ke homebase, Lab Geospasial untuk acara penutupan. Diacara penututupan, lagi-lagi kami mendapat hadiah sebagai kelompok ter-“Krikk-krikk” mungkin karena pentas kami yang menakjubkan hingga membuat penonton pun tak tahu kami berpentas apa. Dilanjutkan pemilihan ketua angkatan 2012 jurusan PJ SIG, dimenangkan oleh saudara Agung Susetyo. Lalu, selesai deh. Kami lalu pulang naik bus, aku turun di pinggir jalan tepatnya di Jalan Parangtritis KM 9,5 tepatnya selatan Pasar Seni Gabusan. Maklum rumah saya di sekitar situ. Sampai rumah, capek, ngantuk, dan macam-macamlah.

Oh ya, pas menginap di sana saya kedinginan. Masak malam hari ruangannya ber-AC. Saya kan alergi AC, maklum anak desa (cah ndeso). Pas siang hari juga kepanasan, maklum suasana pantai tapi anginnya sembribit kok. Kesimpulannya, acara tersebut sangat menyenangkan. Kami bisa memupuk keakraban seangkatan PJ SIG UGM 2012, kami juga menjalin persaudaraan dengan kakak angkatan kami. Acara ini cukup berkesan untuk awal perjuangan kita. Semoga kita sukses kawan! Amin. PJ SIG! We are FAMILY!!!

Di bawah ini merupakan beberapa kenarsisan dari kelompok kami saat Makrab Matrix 2012 PJ SIG UGM. Selamat menikmati!

Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara dkk)

Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara cs)
Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara dkk)
Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara cs)

Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara dkk)
Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara cs)

Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara dkk)
Makrab ala PJ SIG 2012 – UGM itu Matrix (Ilham Guntara cs)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!