Pesan Untuk Melawan Ulangan Tengah Semester SMAN 1 Bantul

19:28:00
Bulan Oktober baru saja dimulai, namun aroma sengit sudah terendus di awal bulan ini. Ulangan Tengah Semester (UTS) menanti besok pagi, Senin (3/10/11) di ranah SMA Negeri 1 Bantul. Segenap siswa SMA Negeri 1 Bantul siap atau tidak siap, besok harus siap melawan UTS ini.

Sedikit pesan dan gambaran dari Ilham Guntara (17) untuk UTS kali ini. UTS kali ini akan menggunakan soal berbentuk uraian semua (esai). Di mana ada keuntungan dan kerugian dari model soal seperti ini. Keuntungannya adalah, bagi anak yang notabene niat dan mampu mereka akan dapat menyelesaikan soal dengan mudah dengan menjabarkan satu-persatu jawaban secara detail dan jelas. Namun, bagi siswa yang notabene belum niat dan belum mampu mereka akan sulit mengerjakan soal ini karena soal ini tidak bisa menggunakan metode mengarang indah. Kuncinya dalam menghadapi soal ini adalah kita harus menghafalkan kata-kata kunci pokok bahasan materi per pelajaran. Di mana kalau kita bisa mengusai kata-kata kuncinya, maka saat mengerjakan kita akan terasa mudah, kita hanya tinggal menjabarkannya sesuai bahasa kita masing-masing. Lalu untuk soal-soal menghitung memang cukup sulit (saya akui sulit), kuncinya hanya satu, yaitu perbanyak latihan soal.

Lalu Ilham akan memberi pandangan UTS berdasarkan pandangan perangkatan kelas.

Bagi adik-adik kelas X (Sepuluh). UTS ini adalah ajang pertama untuk menguji kemampuan kalian secara umum. Pelajaran dan masa-masa SMA berbeda dengan SMP. Kalian pasti sudah merasakan pelajaran-pelajaran sulit kemudian hasil-hasil ulangan yang menyatakan remidi, itu adalah hal wajar. Ini adalah masa transisi, maklum bila kalian belum terbiasa (baru adaptasi). Dan UTS besok adalah puncak transisi daripada ini, puncak pesakitan dari semua pesakitan awal yang sudah kalian rasakan. Bila nilai-nilai UTS kalian hasilnya jeblok, itu masih dianggap hal wajar karena kalian baru transisi. Dari sekarang kalian harus mencoba tabah dan tetap berusaha.  Setelah UTS ini, saya yakin kalian akan lebih mudah menghadapi pelajaran-pelajaran berikutnya. Pokoknya kalian harus tabah, jangan berpikir hal ini berat, hadapi dengan santai dan pasti. Setelah UTS ini adalah saat paling tepat untuk kalian bangkit. Saya bisa bilang begini karena saya sendiri dua tahun yang lalu juga mengalaminya.

Bagi adik-adik kelas XI (Sebelas). Walaupun masa-masa kelas XI adalah masa-masa santai, namun jangan sepelekan UTS ini. Nilai-nilai di kelas XI justru akan sangat berguna untuk bekal kelas XII mendatang. Kalau nilai-nilai kalian bisa maksimal, maka besok kelas XII akan lebih enak. Ingat nilai-nilai dari kelas XI – XII mempengaruhi kalian untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes. Kalian harus memaksimalkan ini.

Bagi teman-teman kelas XII. Ayo kita bersemangat menghadapi ini. Kita sudah kelas XII, bukan saatnya bersantai-santai. Kita maksimalkan ini, sehingga menjadi bekal kita untuk sukse UAN dan SNMPTN. Amin

Untuk pengaturan waktu belajar juga harus diatur dengan tepat. Ingat! Bila badan kita segar dan dan tidak capai maka konsentrasi belajar kita akan maksimal. Dianjurkan setelah pulang sekolah lebih baik tidur/istirahat sebentar karena kalau kalian belajar malah tidak akan konsentrasi maksimal (tubuh kalian lelah dan pikiran masih stress). Lalu sore hari sehabis istirahat, maksimalkan untuk belajar, belajar santai saja asalkan pasti. Malam harinya juga belajar, namun tidak usah sampai malam-malam. Belajar sampai malam-malam malah tidak ada gunanya karena tubuh kalian sudah lelah dan ngantuk, tidak akan masuk pelajaran yang kalian pelajari. Lebih baik segeralah tidur. Waktu yang paling sangat tepat untuk belajar adalah dini hari sehabis tidur, sekitar jam 2 pagi. Di mana saat itu tubuh kalian sudah segar dan lelah sudah hilang selepas tidur, terus konsentrasi akan maksimal, lalu kondisi pada saat itu juga sepi, jadi sangat mendukung. Manfaatkan dengan pasti waktu ini. Ingat juga untuk selalu berdoa dan sholat malam.

Oke, sekian dulu. Saya juga mau belajar. Semoga kita sukses. Amin

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon