Terimakasih Anda Telah Membacakan Puisi Saya - Guntara.com

Monday, 26 September 2011

Terimakasih Anda Telah Membacakan Puisi Saya

Hari itu Kamis (22/09) suasana kelas begitu melelahkan dan sungguh kondusif untuk tidur. Seperti biasanya, Ilham Guntara (17) selalu saja mengantuk dan sempat-sempatnya untuk tertidur sebentar ketika pelajaran berlangsung. Sungguh ironis, jangan ditiru oleh teman-teman atau adik-adik kelas. Namun, kali ini yang akan dibahas bukan itu. Melainkan mengenai pembacaan puisi.

Siang itu pelajaran Bahasa Indonesia yang diampu oleh Ibu Murtinem. Materi yang disampaikan adalah puisi, terutama gurindam dan puisi modern yang dibahas saat itu. Ketika Ilham Guntara (17) sedang puas-puasnya menikmati kengantukannya, tiba-tiba ia disuruh maju ke depan kelas untuk membawakan gurindamnya, dan dia pun maju membawakan gurindamnya dengan santai tidak menyadari bahwa sebelumnya ia pernah maju (alias sudah maju dua kali).

Selanjutnya menuju materi pembuatan puisi modern. Siswa-siswa disuruh membuat puisi modern. Ilham Guntara langsung lepas dari ngantuknya dan bersemangat membuat sebuah untaian puisi dengan gaya sok puitisnya. Ia berhasil membuat puisi mbeling dengan judul "SIAPA DIRIKU" yang kemudian mengalami abrasi judul menjadi "SIAPA". Jam pelajaran sudah menunjukkan detik-detik menuju berakhir. Bu Murtinem menyuruh salah seorang siswa untuk membawakan puisinya di depan.

Ketika itu, Febrian Hela Yuda (17) alias Pepy ditawari oleh Ilham Guntara untuk membacakan puisi mbeling-nya di depan kelas. Ternyata Pepy menyanggupinya karena kebetulan dia belum sempat menyelesaikan puisinya. Lalu ia maju dan dengan percaya dirinya membawakan puisi Ilham Guntara dengan penuh ekpresif. Penonton pun bersorak-sorai dan bertepuk tangan meriah atas puisi yang Pepy bacakan.

Pada intinya, saya Ilham Guntara warga SMAN 1 Bantul kelas XII IPA 2 nomor absen 13 menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara Pepy (Febrian Hela Yuda) yang telah membawakan puisi mbeling milik saya, yang berisikan curahan hati saya atas perasaan yang sedang bergejolak di hati saya ini. Terimakasih! It is good, it's sound good, that is good!

Untuk isi lengkap dan makna lengkap dari puisi mbeling karya saya belum bisa saya tampilkan di sini karena puisi ini untuk kejutan di hari nanti. Sementara ini saya rahasiakan, maaf. Tunggu tanggal mainnya!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!