Ilham Guntara : Mengganti Logo Sekolah Itu Saya Rasa Tidak Perlu

21:32:00
Bantul (15/09) Desas-desus rumor semakin gencar berkeliaran untuk pergantian logo SMAN 1 Bantul. Pihak sekolah menyatakan bahwa logo SMAN 1 Bantul perlu diganti. Sehingga dalam momen perayaan HUT ke-48 SMAN 1 Bantul lusa, Sabtu (17/09) diadakan pula lomba membuat dan mengartikan logo SABA (SMAN 1 Bantul). Alasan mengganti logo SABA karena tidak ada satu pun guru (bahkan guru senior) yang tahu akan makna dan asal-usul logo SABA yang sekarang.

Ilham Guntara (17), siswa kelas XII IPA 2 nomor absen 13, SMAN 1 Bantul. Ketika diminta pendapat, ia menyatakan, "Sebenarnya mengganti logo itu, saya rasa tidak perlu. Dikarenakan mengganti logo sama saja mengganti ideologi dalam institusi tersebut. Ingat logo (lambang) merupakan hal sakral dan hal yang mendasar. Seperti halnya lambang negara kita, Garuda Pancasila, di dalamnya terdapat landasan-landasan dasar (ideologi) bangsa ini."

Lalu ketika Ilham ditanya mengenai bagaimana kalau logo tersebut tidak diketahui makna dan  asal-usulnya, ia menjawab, "Maka dari itu kita sebagai insan berpendidikan harus bisa memaknai logo itu, bisa sajalah dibuat semacam lomba mengartikan makna secara mendetail."

Mengenai solusi untuk pengubahan logo, Ilham memaknai, "Untuk pengubahan, saya lebih cenderung ke penyempurnaan, bukan mengubah secara penuh logo tersebut. Karena kita tahu sendiri, logo ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Ini sudah brand kita, dan sudah dikenal banyak oleh masyarakat, akan lebih baik jika kita tetap mempertahankan bentuk-bentuk dasar dari logo ini. Penyempurnaan itu boleh saja, toh ini berguna supaya logo ini lebih berarti dan bermakna sesuai perkembangan zaman. Lambang negara kita saja (Garuda Pancasila) sudah direvisi sebanyak 4 kali, namun bersifat menyempurnakan dan mempertahankan bentuk dasarnya."

Usut punya usut, Ilham sendiri ternyata juga mengikuti lomba desain dan memaknai logo SABA tersebut. Saat kami konfirmasi pagi hari ini (15/09), Ilham menyatakan, "Ya, benar. Saya juga ikut serta dalam lomba membuat logo ini. Tapi logo yang saya buat tidak berbeda jauh dengan logo SABA sebelumnya, logo yang saya buat adalah penyempurnaan supaya lebih berarti. Di sini saya juga menulis makna dari logo tersebut secara detail. Ya supaya ini bisa membuka mata kita."

Kita tunggu saja keputusan finalnya. Semoga banyak manfaatnya. Amin

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon